Oleh Alfin Pulungan pada hari Kamis, 03 Sep 2020 - 12:46:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Guspardi: Nilai Pancasila Itu Jati Diri Warga Minang, Ibu Puan Harus Paham Itu! 

tscom_news_photo_1599111951.jpeg
Anggota Komisi II DPR Fraksi PAN, Guspardi Gaus (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota DPR RI dari Sumatera Barat, Guspardi Gaus, angkat bicara mengenai pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani yang menyinggung warga Sumatera Barat. Guspardi menyayangkan pernyataan Puan Maharani yang seakan-akan menganggap warga Sumbar tidak pancasilais.

"Pertama, saya sangat menyayangkan seorang pejabat negara, petinggi partai mengeluarkan statement yang menimbulkan kegaduhan bagi masyarakat," kata Guspardi Gaus dalam keterangan persnya Kamis, 3 September 2020.

Politisi Partai Amanat Nasional ini meminta ketua DPR tersebut membaca kembali sejarah bangsa. Sejarah mencatat, orang-orang dari Sumatera Barat banyak yang menjadi tokoh pendiri bangsa. Bahkan, Wakil Presiden pertama RI, Mohammad Hatta, adalah warga asli Minangkabau.

"Saya minta kepada Ibu Puan untuk belajar sejarah, siapa pendiri bangsa ini, siapa yang merumuskan UUD dan Pancasila itu adalah tokoh yang berasal dari Sumatera Barat," tegas Guspardi.

"Tidak mungkin orang Sumbar itu tidak Pancasila. Orang Sumbar itu paling pancasilais," tambahnya.

Mantan Akademisi UIN Imam Bonjol Padang ini meminta agar Puan berhati-hati dalam menyampaikan pernyataan yang justru menimbulkan polemik di kalangan masyarakat. Ia menegaskan warga Sumatera Barat adalah orang-orang yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila, tanpa perlu diberi penataran, karena Pancasila merupakan jati diri masyarakat Indonesia.

"Karena apa? Pendiri bangsa itu dari Minang, tentu nilai-nilai keminangan itu terbersit oleh inisiator, dan para perumus Pancasila itu. Ini yang harusnya Ibu Puan paham, harus mengerti itu," tandas anggota komisi II DPR ini.

tag: #puan-maharani  #minang  #sumatera-barat  #pdip  #guspardi-gaus  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement