Oleh Aswan pada hari Jumat, 03 Sep 2021 - 16:29:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Dugaan Kebocoran Data Jokowi di Internet, Ini Kata Pakar Keamanan Siber

tscom_news_photo_1630661356.jpg
Ismail Fahmi, penemu dan pengendali Drone Emprit (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Para warga net (netizen) sedang heboh dugaan kebocoran data karena sertifikat vaksin Covid-19 milik Presiden Joko Widodo bocor di internet. Pakar keamanan siber pun angka suara mengenai hal tersebut.

Menurut Pengamat media sosial dan pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, sertifikat vaksin Jokowi yang bocor di internet asli. Sebab aplikasi Peduli Lindungi memungkinkan orang bisa meminta tolong siapapun download dari aplikasi kalau tahu Nomor Induk Kependudukan (NIK) tanggal lahir , tanggal vaksinasi dan jenis vaksinnya.

"Sebenarnya caption di atas dibuat heboh saja. Aslinya di PeduliLindungi siapapun yang sudah login di app bisa cek sertifikat siapapun selama tahun NIK, nama dan tanggal lahir," ujarnya seperti dikutip Jumat (3/9/2021).

"Jadi ini adalah "fitur". Tetapi enggak tahu apakah memang semudah itu orang boleh download sertifikat orang lain."

Ismail menambahkan, Indonesia perlu tata kelola yang bagus untuk data pribadi. Caranya melalui Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi. Di sana harusnya diatur mana data umum dan mana data pribadi yang tidak boleh disebar.

Baca Juga: Kerumunan Saat Kunjungan Jokowi Kembali Terjadi, Apa Kata Istana?

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, menepis tudingan bahwa data sertifikat vaksin Jokowi yang beredar di internet karena kebocoran data PeduliLindungi. Ia menyarankan masyarakat untuk menanyakan kepada data itu bisa beredar di publik kepada Kementerian Kesehatan.

"Data PeduliLindungi yang saat ini berada di cloud Kominfo baru dimigrasi ke DC (data center) Kominfo dan statusnya aman. Data yang ditanyakan di atas adalah pada saat awal sebelum migrasi ke Kominfo dan kebijakannya berada di Kemenkes," terang Johnny Plate kepada wartawan.

"Agar akurat dan tidak membingungkan masyarakat lebih baik langsung ditanyakan ke Kemenkes. Wali data Covid-19 berada di bawah kewenangan Kemenkes," tambahnya.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan Pemerintah melalui kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), dan operator telekomunikasi. Aplikasi ini membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan digital untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

PeduliLindungi menyimpan sertifikat vaksin digital masyarakat. Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka berada terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

tag: #covid-19  #pedulilindungi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...