Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 24 Sep 2021 - 06:20:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Kejaksaan Agung Luruskan Data Pendidikan Jaksa Agung ST Burhanuddin

tscom_news_photo_1632439214.jpg
Jaksa Agung (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kejaksaan Agung melalui Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Leonard Eben Ezer Simanjuntak meluruskan pemberitaan sejumlah media massa online tentang latar belakang pendidikan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

“Kami ingin meluruskan ataupun mengklarifikasi pemberitaan beberapa media massa online yang menyatakan bahwa latar belakang pendidikan Jaksa Agung berbeda dengan data resmi Kejaksaan Agung dan perlu dikoreksi,” kata Kapuspenkum, Kamis (23/9/2021).

Leonard juga memastikan bahwa beberapa data Jaksa Agung yang tersebar di media lainnya salah, dan selama ini tidak pernah dikonfirmasikan secara resmi kepada instansi Kejaksaan Republik Indonesia.

Berdasarkan dokumen dan data yang secara resmi tercatat di Biro Kepegawaian Kejaksaan Republik Indonesia, ungkap Kapuspenkum, Jaksa Agung ST Burhanuddin menjalani pendidikan di tiga universitas, yaitu:

- Strata I di Universitas 17 Agustus di Semarang;

- Strata II di Sekolah Tinggi Manajemen Labora di DKI Jakarta;

- Strata III di Universitas Satyagama di DKI Jakarta.

“Dokumen dan data pendidikan tersebut sama dengan yang dipergunakan pada acara pengukuhan sebagai Guru Besar Tidak Tetap dalam Bidang Ilmu Hukum Pidana di Universitas Jenderal Soedirman,” tegas Leonard.

Sebelumnya, beberapa media online mengangkat berita mengenai latar belakang pendidikan Burhanuddin yang berbeda antara data di buku pidato pengukuhan profesornya di Universitas Jenderal Soedirman dan data Kejagung.

Dalam buku pengukuhannya sebagai profesor, tulis sejumlah media online, Burhanuddin adalah lulusan sarjana hukum dari Universitas 17 Agustus 1945, Semarang, Jawa Tengah, tahun 1983. Namun, dalam situs resmi Kejagung, dia disebut lulusan sarjana hukum Universitas Diponegoro tahun 1980.

Untuk pendidikan pasca sarjananya, situs resmi Kejagung menyebut Burhanuddin merupakan lulusan magister manajemen dari Universitas Indonesia (UI) tahun 2001. Sedangkan di buku pengukuhan profesornya, dia disebut lulus dari Sekolah Tinggi Manajemen Labora di DKI Jakarta tahun 2001.

Kemudian untuk pendidikan doktornya, media online tersebut menulis situs resmi Kejagung mencatat Burhanuddin mendapatkan gelar doktor di UI tahun 2006. Sementara dalam buku pengukuhan, dia lulusan Universitas Satyagama Jakarta tahun 2006.

tag: #jaksa-agung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...