Ragam
Oleh Emka Abdullah pada hari Selasa, 30 Des 2014 - 12:36:51 WIB
Bagikan Berita ini :
Berkaos Oblong dan Mencangkul

Adian Pilih Menggerakkan Petani di Bogor Saat Reses

82Adian Napitupulu - Petani.jpeg
Adian Napitupulu (Sumber foto : Emka Abdullah/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Inilah penampilan Adian Napitupulu yang berbeda banget dengan biasanya. Tak lagi garang seperti saat memimpin demonstrasi di jalanan. Juga tak perlente dengan jas dan dasi seperti saat rapat-rapat di gedung parlemen.

Kemarin anggota Fraksi PDIP DPR RI ini hanya mengenakan kaos Oblong berwarna putih. Dia menggendong tanki berisi cairan kimia pembasmi rumput dan ilalang. "Tangki ini berisi 20 liter obat untuk mematikan alang-alang biar nggak mengganggu tanaman," cerita Adian kepada TeropongSenayan, Senin (29/12/2014).

Adian memang sedang di kebun seluas 2000 meter yang berada di sekitar rumah aspirasi yang didirikan di daerah Kemang, Bogor. Dilahan itulah pendiri dan aktivis Forum Kota (Forkot) bertani menanam cabe, ubi dan singkong sebagai salah satu cara mengisi waktunya saat masa reses anggota DPR. Tak hanya menyemprotkan obat pembasmi ilalang, Adian juga mencangkul lahan.

Bak seorang petani, Adian pun bertutur tentang langkah-langkah yang ia lalui dalam menanam cabe, ubi dan sing. Pertama, alang-alang itu dibabat, setelah itu disemprot lalu tanahnya dibalik. Kedua, setelah tanahnya dibalik, akar alang-alang dikumpulkan lalu dibakar. Ketiga, tanah digemburkan lalu bibit tanaman ditancapkan.

Adian tentu saja tidak mengerjakan sendiri. Ia dibantu oleh teman-teman dan masyarakat setempat. Melalui cara ini Adian ingin mengajak masyarakat untuk mencintai pekerjaan sebagai petani, dan kembali pada tradisi gotong royong.

"Untuk menjadi petani seseorang tidak harus menunggu lahan yang luas. Halaman rumah pun bisa kita jadikan lahan untuk tanaman yang bermanfaat," ujar Adian. Mengoptimalkan lahan justru akan mendapatkan banyak manfaat.

Cara inipula yang dia lakukan untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat pemilih atau konstituennya. Bukan hanya dengan perkataan, namun Adian juga memberikan contoh langsung yaitu menghidupkan budaya gotong royong melalui bertani.(ris)

tag: #Adian  #Petani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...