Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Kamis, 25 Feb 2016 - 12:53:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Makin Seru, Fraksi Demokrat DPRD Tolak Reklamasi Teluk Jakarta

17reklamasi-pantai-utara-jakarta.jpg
Peta Rencana Reklamasi Pantai Utara Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Fraksi Demokrat-PAN (F-DPAN) DPRD DKI Jakarta secara tegas menolak pengesahan Raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K).

Selain itu, Fraksi yang berjumlah 12 anggota dewan tersebut juga menolak pengesahan Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantura Jakarta.

Ketua F-DPAN, Lucky P Sastrawiria menuturkan pihaknya tetap akan menolak pengesahan kedua Raperda itu sebelum ada Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) khusus terkait reklamasi.

"Karena dalam pembahasan kali ini, sebaran ruang terbuka hijau tidak sampai 30 persen," kata Lucky, Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Selain itu, F-DPAN juga meminta penjelasan mengenai peralihan profesi nelayan untuk bekerja di sektor lain jika nanti reklamasi terealisasi.

"Ini kan menyangkut hajat hidup masyarakat banyak," kata Anggota Komisi A DPRD itu.

Diketahui, Selasa (23/2/2016) kemarin, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, sempat mendatangi gedung DPRD DKI di Kebon Sirih untuk menegaskan penolakan terhadap proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Kata dia, partainya sejak awal memberikan perhatian serius terhadap proyek reklamasi Pantai Utara Jakarta. Sikap partai berlambang mirip segitiga mercy itu adalah menolak megaproyek tersebut.

Kedatangan Hinca ke Kebon Sirih untuk memastikan tidak ada satupun anggota yang ikut dalam rapat pembahasan proyek reklamasi.

Raperda Zonasi diketahui batal disahkan dalam paripurna, Senin (22/2/2016) lalu. Penyebabnya, jumlah anggota dewan yang hadir tidak memenuhi kuorum.

Seluruh anggota FDPAN, selain F-PPP dan beberapa anggota dewan dari berbagai fraksi, tidak hadir. Berdasarkan rapat pimpinan (rapim) yang digelar Selasa (23/2/2016), DPRD menjadwalkan ulang paripurna pada hari ini, Kamis (25/2/2016). (mnx)

tag: #dki-jakarta  #dprd-dki  #reklamasi-pantai-utara-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...