Zoom
Oleh Mandra Pradipta pada hari Minggu, 07 Des 2014 - 17:12:55 WIB
Bagikan Berita ini :
Jago Bikin Hutang

Hatta Tuding Dwi Akan Bawa Pertamina Jatuh Ke Asing

1316-54-45-small_33hatta taliwang_01.jpg
M Hatta Taliwang (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dwi Soetjipto, yang belum lama diangkat sebagai Dirut PT Pertamina, ternyata memiliki rekam jejak membuat hutang perusahaan yang pernah dipimpinnya. Ini, menurut Direktur Eksekutif Institut Ekonomi Politik Soekaro-Htta (IEPSK) M Hatta Taliwang, sangat mengkhawatirkan. Sebab, PT Pertamina mudah jatuh ke asing jika Dwi juga melakukan hal serupa saat memimpin BUMN migas ini.

Apalagi, tutur Hatta, sebagai perusahaan migas nasional terbesar dan masuk dalam 500 Fortune dengan peringkat utang yang tinggi sangat terbuka peluang bagi terakumulasinya modal asing dalam PT Pertamina. "Kondisi ini tentu merupakan ancaman terhadap kedaulatan negara atas migas dan keselamatan rakyat," kata Hatta Taliwang, Minggu (7/12/2014) di Jakarta.

Berbicara dalam sebuah diskusi yang bertajuk 'Pertamina di Bawah Ancaman Privatisasi dan Hutang Luar Negeri', di Dapur Selera, Tebet, Jakarta, Hatta mengungkapkan rekam jejak Dwi Soetjipto. Menurut dia, saat memimpin PT Semen Indonesia, Dwi justru membuat hutang sampai triliunan.

"Dwi sosok yang ahli dalam hal privatisasi. Ini ditunjukkan oleh pengalamannya dalam privatisasi BUMN yaitu PT Semen Indonesia hingga 49% kepemilikkannya di tangan swasta dan sebagian besar swasta asing," ujar Hatta yang juga mantan anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional ini.

Hatta minta pemerintah untuk mewaspadai sepak terjang Dwi. Hatta juga mengingatkan bahwa PT Pertamina adalah BUMN yang strategis. Bukan hanya menguasai aset yang sangat besar, namun juga mengelola bisnis yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak. "Pertamina memegang fungsi yang sangat strategis dalam membangun ekonomi bangsa ini. Jika BUMN tidak memikirkan hal itu, maka kehancuran bangsa ini kian dekat," pungkasnya.(ris)

tag: #Dwi  #Pertamina  #Hatta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...