Zoom
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 07 Jan 2015 - 08:04:22 WIB
Bagikan Berita ini :
Tak Bisa Larang Orang Mampu Beli Elpiji 3 Kg

Sofyan Djalil Bilang Itu Nggak Berkah Lho

27DSC_0037.JPG
Elpiji 12 Kg (Sumber foto : Indra Kesuma)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tak bisa melarang warga mampu beralih membeli elpiji 3 kg, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil memilih jurus himbauan moral. Katanya, orang seperti itu hidupnya tidak berkah. Nah lho.

"Saya ingin imbau bagi orang yang suka merebut bukan haknya itu tidak berkah," ujar Sofyan Djalil di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/1/2015). Sofyan menambahkan elpiji 3 kg diperuntukkan bagi warga miskin sehingga harganya disubsidi pemerintah.

Oleh sebab itu, jika orang mampu membeli elpiji 3 kg berarti merebut jatah orang miskin. Sofyan berharap kalangan menengah tak melakukan hal ini lantaran negara masih membutuhkan dana subsidi guna menjangkau lebih banyak masyarakat miskin.

"Imbauan moral saja, bahwa kalau mampu mari kita sharinglah. Kan negara ini butuh asas kegotongroyongan. Jadi bagi yang mampu harus bayar lebih banyak (mahal-red)," kata Sofyan Djalil yang kali ini tak banyak berbicara mengenai ekonomi.

Himbauan Sofyan itu terkait dengan beralihnya konsumen elpiji 12 kg ke elpiji 3 kg. Hal ini terjadi akibat Pertamina menaikkan harga elpiji 12 kg sebesar Rp1.500 per kg menjadi Rp9.069 per kg dari yang sebelumnya Rp7.569 per kg. Konsumen beralih lantaran di lapangan harga elpiji 12 kg banyak yang lebih tinggi dari harga Pertamina.

Dari hasil penelusuran TeropongSenayan dilapangan harga jual sampai di agen bisa mencapai Rp11.255 per kg atau secara keseluruhan menjadi Rp134.700 per tabung. Bahkan ada pula yang mematok harga mendekati angka Rp150.000 per tabung. Harga yang jauh lebih mahal dibanding elpiji 3 kg.(ris)

tag: #elpiji  #sofyan djalil  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
BANK DKI JACKONE
advertisement
We Stand For Palestinian
advertisement
HUT RI 79 - SOKSI
advertisement
HUT RI 79 - ADIES KADIR
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...