Zoom
Oleh Ilyas pada hari Jumat, 24 Jul 2015 - 14:27:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Langgar UU, Perda yang Batasi Pembangunan Rumah Ibadah Harus Dicabut

81featured1-350x197 (1).jpg
Perda (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sejumlah tokoh yang tergabung dalam Komite Umat untuk Tolikara (Komat Tolikara) meminta Mendagri Tjahjo Kumolo agar mencabut peraturan daerah di Tolikara yang membatasi pembangunan rumah ibadah. Sebab Perda tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Dasar.

"Perda itu juga tidak kondusif untuk toleransi dan kerukunan antarumat beragama khususnya di Tolikara," kata Ketua Komat Tolikara, Bachtiar Nasir di Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Komat juga menolak pihak-pihak yang menghambat masuknya bantuan dari lembaga-lembaga kemanusiaan resmi dalam rangka pemilihan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di Tolikara.

"Kami juga meminta semua ormas dan elemen masyarakat secara bersama menyalurkan bantuannya secara terkoordinasi melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) yang dikoordinasikan Forum Amil Zakat (FAZ). Ini agar pemilihan dan pembangunan perekonomian di Tolikara berjalan dengan efektif," jelasnya.

Ia juga mendorong pihak keamanan memberikan jaminan keamanan dan ketenangan bagi masyarakat Muslim di Tolikara dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari, pasca-insiden penyerangan salat Idul Fitri.

"Langkah hukum yang tegas, adil, dan transparan terhadap aktor intelektual atau oknum-oknum yang terindikasi melakukan gerakan radikalisme, separatisme dan terorisme harus tetap dilakukan untuk mewujudkan keadilan," tegas dia.

Selain itu, masalah Tolikara adalah masalah dalam negeri. Ia meminta semua pihak untuk mewaspadai kepentingan asing atau pihak lain yang tidak bertanggung jawab terhadap kedaulatan NKRI. (iy)

tag: #Perda bermuatan sara  #pembakaran masjid di papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...