Zoom
Oleh Mandra Pradipta pada hari Sabtu, 10 Jan 2015 - 15:49:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Poempida: Zaman Sudah Canggih, Kemenhub Masih Gaptek

79Kemenhub (indra).jpg
Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dituntut banyak pihak untuk berbenah diri menata jajarannya terutama di dunia penerbangan. Hal itu mencuat terkait permasalahan izin rute penerbangan Air Asia QZ8501 yang diketahui melanggar karena terbang di luar jadwal yang telah ditetapkan.

Untuk itu, Ketua Umum Organisasi Kesejahteraan Rakyat, Poempida Hidayatulloh meminta Kementerian Perhubungan agar membuat sistem yang transparan soal izin rute ini dengan cara menampilkan datanya di situs yang khusus dibuat oleh Kemenhub secara online.

Jadi dari situ, terang mantan anggota Komisi IX DPR RI itu, masyarakat bisa mengetahui daftar pesawat mana saja yang sudah diizinkan terbang oleh Kemenhub. Dan langkah ini seharusnya bisa dilakukan dengan cepat oleh Kemenhub guna kemajuan moda transportasi udara di Indonesia.

"Kemenhub harus buat suatu sistem berintegrasi dengan cara izin rute itu dibuat secara online dan supaya bisa dilihat DPR juga. Mulai dari sini, kisruh penerbangan kita soal izin rute bisa teratasi," kata Poempida kepada TeropongSenayan di Jakarta, Sabtu (10/1/2015).

Dia berharap kementerian pimpinan Ignasius Jonan tersebut bisa menyediakan teknologi canggih untuk data-data dunia penerbangan di Indonesia. Hal itu guna mengawasi sejumlah maskapai yang selama ini bermasalah dan tidak mendapatkan pengawasan.

"Zaman sudah canggih, tapi data-data kita tidak lengkap soal rekam jejak maskapai dan pesawatnya. Kalau ketika kecelakaan terjadi, kita bingung minta datanya sama siapa. Harusnya Kemenhub berpikir ke arah situ juga, untuk meminimalisir kecelakaan," pungkasnya.(yn)

tag: #Air Asia  #Kemenhub  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...