Zoom
Oleh Aris Eko pada hari Jumat, 12 Des 2014 - 10:24:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Tak Punya Landasan Hukum Kuat, SKK Migas Diragukan Para Investor

47Kardaya.JPG
Kardaya Warnika, Ketua Komisi VII DPR RI (Sumber foto : Mulkan Salmun/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Keberadaan SKK Migas masih menjadi pertanyaan kalangan investor hulu migas. Pasalnya, lembaga pengganti BP Migas ini tidak memiliki landasan hukum yang kuat. Investor khawatir modal yang akan ditanamkan di bisnis hulu migas tidak dijamin kepastian usaha yang aman.

"SKK Migas itu tidak memiliki landasan hukum yang kuat. Ini menjadi kekhawatiran perusahaan minyak asing (oil company-red) yang akan berinvestasi di Indonesia," ujar Kardaya Warnika, Ketua Komisi VII DPR RI kepada Teropong Senayan, Jumat (12/12/2014) di Jakarta.

Pendapat Kardaya diamini oleh Lukman Mahfoedz, mantan Presiden Indonesia Association Petroleum (IPA). Baik Kardaya maupun Lukman mengungkapkan para investor khawatir kebijakan bisnis hulu migas masih akan berubah-ubah dengan tidak adanya landasan hukum yang kuat bagi SKK Migas.

"Investasi hulu migas itu butuh dana besar dan jangka panjang. Kalau kebijakan berubah-ubah ini membuat investor merasa tidak aman melakukan investasi," ujar Lukman Mahfoedz yang juga Presiden Direktur PT Medco International ini. Hal ini bisa mengganggu masa depan industri hulu migas di Indonesia.

Akibat tidak memiliki landasan hukum yang kuat, menurut Kardaya, sering sekali SKK Migas tidak bisa mengatasi berbagai persoalan operasional perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang mengelola lapangan migas di berbagai daerah. Hal ini juga menjadi penyebab produksi minyak mentah Indonesia tak bisa kunjung meningkat.

"SKK Migas sering tidak hadir saat ada persoalan dilapangan. Dibiarkanlah perusahaan-perusahaan itu berhadapan dengan instansi pemerintah maupun masyarakat. Ini sangat keliru!," ujar Kardaya yang juga politisi Partai Gerindra ini. Akibatnya tidak sedikit berbagai persoalan seperti itu berlarut-larut.

Kardaya mengingatkan bagi instansi pemerintah maupun masyarakat, umumnya tidak takut menghadapi perusahaan. Mestinya, SKK Migas tampil di depan menghadapi instansi pemerintah maupun masyarakat agar berbagai persoalan operasional hulu migas yang terjadi bisa segera diatasi. (ris)

tag: #SKK Migas  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...