Zoom
Oleh Aris Eko pada hari Kamis, 01 Jan 2015 - 21:27:32 WIB
Bagikan Berita ini :
Minyak Mentah 27 Ribu Barel Hilang Tiap Hari

Sekitar Rp 10 Triliun Menguap Akibat Kelalaian SKK Migas

84Anjungan Minyak Lepas Pantai.jpg
Anjungan Minyak Lepas Pantai di Utara Pulau Madura (Sumber foto : antaranews)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Sekitar Rp 10 triliun menguap setiap tahun akibat ketidakmampuan SKK Migas menjaga produksi minyak mentah. Padahal jika minyak mentah bisa diamankan dana sebesar itu bisa untuk subsidi sehingga harga BBM tak perlu naik.

Saat memaparkan kinerja tahun 2014, Humas SKK Migas, Rudianto Rumbono mengungkapkan setiap hari sekitar 27 ribu barel minyak mentah hilang. Itu terjadi akibat pencurian dengan melubangi pipa minyak, proyek dan jadwal pengeboran terlambat.

Sedang angka sekitar Rp 10 triliun di hasilkan dari perhitungan 27 ribu barel dalam setahun (364 hari) dikalikan rata-rata harga minyak mentah Indonesia rata-rata sekitar USD 95 per barel. Serta dikalikan dengan kurs dolar AS sebesar Rp 11.000.

Jika mengacu pada penjelasan Menko Perekonomian Sofyan Djalil, untuk tahun 2015 pemerintah akan mengusulkan subsidi BBM sebesar Rp 17 triliun. Ini berarti dana akibat kehilangan minyak mentah lebih separuh kebutuhan subsidi BBM tahun 2015.

Tak berlebihan jika pengamat kebijakan publik Sofyano Zakaria mengecam SKK Migas. Dia menilai SKK Migas lebih bodoh dibanding keledai. "Keledai saja tak mau terperosok pada lubang yang sama. Jadi SKK Migas ya jangan membiarkan minyak hilang tiap hari," ujar dia.(ris)

tag: #SKK Migas  #Sofyano  #Minyak Mentah Hilang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...